Senin, 08 Juli 2013

artikel



Disiplin Waktu Agar Hidup Lebih Bermutu

Oleh: Elly Lutfiyah
Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, terlebih lagi kehidupan para mahasiswa yang memang diharuskan menerapkan sikap disiplin dalam kesehariannya, karena mahasiswa adalah agen perubahan sosial bagi setiap bangsa. Namun sering kali disiplin waktu dianggap remeh bagi sebagian kalangan, mereka beranggapan bahwa budaya jam karet sudah mendarah daging pada budaya Indonesia. Ini terlihat misalnya banyak dari mahasiswa bahkan dosen yang menganggap terlambat dalam perkuliahan merupakan sesuatu yang lumrah dan dapat dimaklumi. Padahal hal tersebut dapat berpengaruh dalam perubahan kemajuan bangsa dan negara.
Keadaan semacam ini seharusnya mulai dibenahi, agar tidak menyia-nyiakan  waktu yang sangat berharga, karena waktu tidak mungkin terulang lagi. Seperti ungkapan yang sering diibaratkan waktu adalah uang, waktu adalah pedang, mengisyaratkan begitu pentingnya waktu yang kita miliki. Jangan sampai merugi dikemudian hari gara-gara tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kita harus selalu berusaha menghargai waktu dengan terus belajar disiplin dalam setiap keadaan. Salah satunya bisa dimulai dengan mengevaluasi sejauh mana kedisiplinan memberikan dampak yang sangat positif dan luar biasa dalam keberlangsungan hidup kita.
Disiplin waktu agar hidup lebih bermutu dapat kita pahami bahwa orang sukses berawal dari selalu menanamkan kedisiplinan dalam hidupnya. Ini karena disiplin waktu adalah proses kebiasaan dan keteladanan dari faktor keberhasilan. Sehingga dapat pula diartikan bahwa disiplin waktu adalah kunci dari sebuah kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar